Citilink Layani 104 Penerbangan Reguler Klaim Terapkan Jaga Jarak

Jakarta – Citilink telah beroperasi kembali saat pandemi virus Corona. Maskapai penerbangan berbiaya murah dan anak perusahaan Garuda Indonesia itu mengklaim menerapkan protokol kesehatan. “Citilink memulai kembali melayani penerbangan reguler penumpang sebanyak 104 penerbangan ke 21 kota dengan menerapkan prosedur ‘New Normal’ dan tetap mengutamakan aspek safety, kesehatan dan kenyamanan penumpang” kata Direktur Utama Citilink Juliandra dalam rilisnya, Senin (1/06/2020).

Dalam mengoperasikan penerbangan lagi saat pandemi COVID-19, Citilink menyebut telah menerapkan protokol kesehatan. Baik, sebelum terbang, selama penerbangan, ataupun setelahnya. Pada fase pre-flight, Citilink bekerja sama dengan KKP dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di setiap bandara untuk memeriksa dan memverifikasi kelengkapan dokumen penumpang. Citilink memastikan penumpang yang terbang sedang berada dalam kondisi sehat dengan mewajibkan penumpang untuk menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19 (hasil test PCR atau rapid test).

Citilink juga memberikan jarak antrean untuk penumpang dalam melakukan check-in di check-in counter serta menyediakan fasilitas web check-in ataupun melalui mesin self-check-in yang disediakan di bandara. Selain itu, Citilink menerapkan new boarding management untuk mengatur jarak dalam antrean selama proses boarding untuk menghindari penumpukan penumpang.

Kemudian, pada fase in-flight, Citilink menerapkan standar baru di dalam pesawat selama penerbangan. Di antaranya, pengaturan tempat duduk, seluruh penumpang dan crew diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, penyediaan hand sanitizer di seluruh pesawat, proses penyajian makanan dan minuman dengan tata cara yang higienis.

Selain itu, Citilink meniadakan inflight magazine cetak yang digantikan dengan inflight magazine elektronik yang dapat diunduh di gawai masing-masing melalui entertainment system yang akan tersedia secara bertahap di armada Citilink serta pengaturan jarak penumpang saat proses keluar pesawat (disembark). Adapun pada fase post-flight, Citilink melakukan pengaturan jarak saat pengambilan bagasi di area kedatangan dengan tetap melakukan prosedur pemeriksaan dan pencocokan terhadap bagasi yang keluar.

Dalam rangka menjaga kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat, Citilink juga melakukan disinfeksi pada seluruh pesawat yang beroperasi setiap harinya sesuai dengan prosedur yang berlaku. Selain itu, Citilink akan melengkapi armada dengan sistem penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Arrestor) untuk menyaring debu serta berbagai bahan pencemar udara, termasuk virus dan bakteri. Citilink menjamin akan berkoordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder terkait serta melakukan pengawasan yang ketat di seluruh lini operasional perusahaan. Itu demi kenyamanan dan kesehatan penumpang.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top