Ini Dia Daftar CEO Subholding Pertamina

Smartpower Media

PT Pertamina (Persero) hari ini, melantik sejumlah nama sebagai chief executive officer (CEO) subholding yang telah dibentuk. Proses pelantikan dan pengukuhan dilakukan pada Sabtu (13/06/2020) pukul 14.00 WIB oleh Direktur Utama Pertamian Nicken Widyawati.

“Iya, (CEO subholding) sudah diangkat tadi saat acara ceremony jam 14.00 WIB,” kata sumber, Sabtu (13/06/2020). Adapun berikut nama-nama pejabat yang dilantik sebagai CEO sub holding Pertamina:

  • CEO Sub Holding Hulu : Budiman Parhusip
  • CEO Gas : Suko Hartono
  • CEO Refining & Petrochemical : Ignatius Talulembang
  • Vice CEO Refining & Petrochemical : Budi Syarief
  • CEO Power : Heru Setyawan
  • CEO Shipping : Eri Widiastono
  • CEO Trading : Mas’ud Khamid

Adapun, Budiman Parhusip sebelumnya merupakan mantan Executive Vice President di BP Migas pada medio 1985-2009. Saat ini Budiman merupakan komisaris di PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Sementara itu, Suko Hartono saat ini masih menjabat sebagai Direktur Utama PT PGN (Persero). Selain itu, Eri Widiastono merupakan mantan SVP Shipping di Pertamina Persero. Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberi target kepada direksi baru untuk membawa setidaknya dua sub holding perusahaan ke lantai bursa.

Menteri BUMN Erick Thohir telah memangkas jumlah direksi perusahaan tersebut menjadi enam direksi dari sebelumnya 11 direksi. Dia mengatakan, direksi baru kini ditantang untuk membawa kinerja perusahaan terus tumbuh, termasuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi.

“Supaya terjadi transparansi dan akuntabilitas, kami akan targetkan dalam 2 tahun ke depan, ibu Nike [Dirut Pertamina] harus bisa go public-kan satu atau dua sub holding, untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparan,” jelasnya, di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (12/06/2020).

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top