Perusahaan Tambang Batu Bara Sudah Beradaptasi Saat Kondisi New Normal

Jakarta – Perusahaan tambang batu bara telah menerapkan protokol kesehatan new normal atau kenormalan baru. Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Baru Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengatakan sejauh ini antisipasi dari perusahaan anggota APBI terhadap situasi “new normal” sudah berjalan.

Pekerjaan kantor berjalan seperti biasa sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dimana physical distancing sangat diperhatikan selain aturan lainnya termasuk akan diberlakukannya Work In Rotation (WIR) dengan pembagian kelompok kerja.

“Salah satu contoh kegiatan di kantor yang akan disesuaikan adalah meeting langsung/tatap muka diupayakan sedapat mungkin tidak dilakukan, sekiranya harus dilakukan maka harus diperhatikan jarak aman dan jumlah orang dalam ruangan yang harus diatur” ujarnya, Selasa (2/06/2020).

Dia menuturkan kegiatan operasional tambang di lapangan sejauh ini berjalan seperti biasa dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat. Salah satunya, angkutan karyawan untuk duduk dalam mobil dan bus harus berjarak aman sesuai protokol. Selain itu, beberapa perusahaan juga mengintensifkan pemeriksaan tes cepat dilingkungan kerja masing-masing.

“Bagi perusahaan tambang penerapan protokol pencegahan Covid-19 bukan hal yang baru karena pada dasarnya perusahaan tambang kepatuhan terhadap K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) itu jadi bagian tradisi di lingkungan kerja,” kata Hendra.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top