Cara mendeteksi DBD dan Upaya Pencegahannya

Smartpower media berita realistis jakarta 2021

Musim hujan merupakan salah satu waktu mewabahnya demam berdarah dengue (DBD). DBD disebabkan oleh virus dengue, ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Berikut gejala demam berdarah dan upaya pencegahannya.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), gejala demam berdarah dan tanda pada orang yang sakit dapat beragam mulai dari ringan hingga berat.

Gejala demam berdarah

Gejala DBD berat merupakan keadaan gawat darurat medis karena dapat mengancam jiwa hanya dalam beberapa jam saja.

Sebagaimana dikutip laman Kementerian Kesehatan RI, gejala demam berdarah pada fase awal antara lain:

Muncul bintik-bintik merah

Demam tinggi mendadak berlangsung sepanjang hari

Badan terasa lemah dan lesu

Ujung tangan dan kaki dingin berkeringat

Nyeri kepala

Nyeri saat menggerakkan bola mata

Nyeri punggung

Mual dan muntah

Gejala dan tanda awal ini dapat berkembang menjadi DBD berat dengan sejumlah tanda. Tanda peringatan ini biasanya dimulai dalam 24-48 jam setelah demam turun.

Gejala tersebut kadang disertai adanya tanda-tanda perdarahan, pada kasus yang lebih berat dapat menimbulkan nyeri ulu hati, perdarahan saluran cerna, syok, hingga kematian.

Berikut tanda dan gejala demam berdarah parah

Sakit perut

Muntah setidaknya 3x dalam 24 jam

Pendarahan dari hidung atau gusi

Muntah darah atau darah di tinja

Merasa lelah dan gelisah

Masa inkubasi penyakit ini 3-14 hari tetapi pada umumnya 4-7 hari.

Tidak perlu menunggu semua gejala ini muncul, bila menemukan beberapa tanda segera periksakan ke dokter atau sarana kesehatan terdekat.

Sementara itu, pertolongan pertama pada penderita dapat dilakukan dengan memberikan minum sebanyak-banyaknya, mengompreskan air dingin pada penderita, serta memberikan obat penurun panas. Bila ada riwayat kejang, berikan obat anti kejang.

Upaya pencegahan demam berdarah

Selain mengetahui gejala demam berdarah, berikut upaya pencegahannya. Pencegahan demam berdarah yang paling efektif dan efisien sampai saat ini adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk, dengan cara 3M Plus, yaitu :

Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah. Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan, di antaranya:

Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan

Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk

Menggunakan kelambu saat tidur

Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk

Menanam tanaman pengusir nyamuk

Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah

Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. Itulah gejala demam berdarah dan upaya pencegahannya.

Apabila Lembaga atau Perusahaan anda sedang mencari jasa event organizer untuk melangsungkan Event Hybrid ataupun MICE Event dengan penerapan CHSE yang ketat, serta rangkaian acara yang menarik, anda dapat menghubungi Citra Mandiri Kreatif yang telah memiliki pengalaman mengadakan berbagai event-event besar di seluruh Indonesia. Ciptakan momen menarik di awal tahun 2021 sambil mempersiapkan tim hebat untuk kemajuan Perusahaan.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top