Cara Supaya Memori HP Tidak Penuh Akibat Whatsapp

Cara Supaya Memori HP Tidak Penuh Akibat Whatsapp smartpower media berita jakarta

Sejumlah orang mungkin kerap menemukan memori handphone (hp) yang semakin penuh karena foto dan video yang tidak perlu yang berasal dari WhatsApp.

Untuk menghindari hal ini, pengguna bisa menonaktifkan opsi unduh otomatis. Sehingga, pengguna bisa mengatur sendiri foto dan video yang ingin diunduh di WhatsApp agar tidak cepat memakan memori ponsel.

Berikut cara untuk mencegah memori ponsel penuh akibat mengunduh otomatis foto atau video, serta terlibat dalam mengurangi potensi kemacetan jaringan seluler.

Cara Setting WA Untuk iOS:

Buka WhatsApp> Pengaturan> Penyimpanan dan Data. Dalam laman resmi, Whatsapp menyebut pengguna dapat memilih kapan WhatsApp akan mengunduh foto, audio, video, dan dokumen secara otomatis. Ketuk di setiap tipe media, lalu pilih Jangan Pernah, Wi-Fi, atau Wi-Fi dan Seluler. 

Menonaktifkan fitur unduh otomatis juga bisa menyedot pemakaian data pengguna. Sebab, mengunduh otomatis semua pesan multimedia itu butuh konsumsi data yang lumayan besar.

Cara Setting WA Untuk pengguna Android:

Buka WhatsApp> ketuk Opsi lainnya (tiga titik di sisi kanan atas) > Setelan> Penyimpanan dan data > Unduh otomatis media. Di bawah bagian Media auto-download akan ada tiga pilihan, yaitu saat menggunakan mobile data, saat terkoneksi dengan WiFi, dan saat roaming. Hapus centang semua kotak untuk Foto, Audio, Video, dan Dokumen, lalu klik OK. 

WhatsApp juga memberikan opsi untuk mengurangi konsumsi data yang digunakan dalam panggilan, seperti dilansir India Today.  Buka Pengaturan> Penyimpanan dan Data, di bawah bagian Pengaturan Panggilan> Aktifkan opsi Penggunaan Data Rendah.

Kemudian, pengguna WhatsApp juga dapat melacak berapa banyak obrolan penyimpanan yang digunakan. WhatsApp memiliki opsi agar pengguna dapat melihat kontak dan berapa banyak ruang yang mereka gunakan. Buka WhatsApp> Penyimpanan dan data> Penggunaan penyimpanan.

Untuk mendapatkan artikel teknologi, artikel gaya hidup dan berita langsung kunjungi www.smartpower.id bagi yang ingin berkontribusi dalam dunia penulisan silahkan buat akun dan jadilah kontributor yang meng-update informasi-informasi.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top