Fungsi Web Hosting Dalam Dunia Bisnis Digital

Fungsi Web Hosting Dalam Dunia Bisnis Digital smartpower media berita

Kenali fungsi dari Web hosting, merupakan layanan yang memungkinkan sebuah organisasi dan individu untuk memposting situs web atau halaman web ke Internet. Host web, atau penyedia layanan hosting web, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan untuk situs web atau halaman web agar dapat dilihat di Internet. Cara kerjanya adalah situs web akan di hosting, atau disimpan, di komputer khusus yang disebut server. 

Saat pengguna internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan hanyalah mengetik alamat situs web atau domain Anda ke browser mereka. Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser. Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk menjadi host bersama mereka. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya. 

Tapi tentunya Anda atau perusahaan juga menginginkan paket tertentu dengan harga terjangkau. Salah satu jalan keluarnya adalah mencari jasa layanan web hosting yang terjangkau namun berkualitas. 

Jenis- jenis Web Hosting

Untuk dapat mewadahi semua kebutuhan pemilik ataupun klien situs web maupun blog dengan berbagai latar belakang serta tujuan berbeda pula, maka banyak host web menawarkan berbagai jenis hosting sehingga Anda pun dapat memilihnya. Baik untuk membangun blog pribadi sederhana atau memiliki bisnis online besar dan sangat membutuhkan situs web perusahaan yang rumit. Berikut adalah opsi paling populer hosting yang tersedia :

  1. Cloud hosting
  2. WordPress hosting
  3. Dedicated hosting
  4. Shared hosting
  5. VPS hosting

Dari berbagai pilihan hosting ini, klien kemudian dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan mereka. Tetapi jika Anda adalah seorang pemula, trik terbaik adalah menggunakan penyedia web hosting murah dalam skala kecil dulu dan ketika situs Anda mencapai jumlah lalu lintas yang lebih tinggi, tingkatkan ke jenis paket yang lebih canggih.

Fungsi Hosting untuk Digitalisasi Bisnis dan Startup

Dengan majunya digitalisasi dan bermunculannya bisnis dari bermacam skala kecil hingga besar dan tidak lupa juga startup yang didominasi penggunaan online, tentunya memuncul banyak pertanyaan. Seperti bagaimana bisnis online atau startup saya mendapatkan keuntungan dari layanan web hosting? Agar dapat mempublikasikan situs web Anda secara online, situs web bisnis Anda memerlukan layanan hosting web. Namun sebenarnya web hosting dapat memberi pemilik bisnis lebih dari sekadar layanan hosting web saja.

Misalnya, perusahaan hosting web biasanya mempekerjakan teknisi in-house untuk memastikan situs web klien mereka aktif dan berjalan 24/7. Selain itu, ketika pemilik situs web membutuhkan bantuan atau pemecahan masalah (misalnya skrip yang memulai debutnya, email tidak dapat dikirim maupun menerima, pembaruan nama domain, dan banyak lagi), dukungan internal host web adalah jalan keluar yang tepat.

Layanan hosting web profesional memastikan pengalaman yang tidak merepotkan bagi pemilik bisnis dan startup, sehingga mereka dapat memfokuskan waktu dan tenaga pada bisnis mereka secara efisien. Untuk mengakses berita atau artikel menarik lainnya, langsung klik disini.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top