NFT untuk Karya Foto Jurnalistik

Smartpower media berita realistis jakarta 2022

Kantor berita Amerika Serikat Associated Press memulai jual Non Fungible Token (NFT) untuk karya foto jurnalistik. Marketplace NFT merupakan masa depan untuk memasarkan berbagai foto-foto jurnalistik.

AP mengatakan mereka bekerja dengan penyedia teknologi blockchain Xooa, untuk menjual foto dalam bentuk aset digital Non Fungible Token (NFT).

Hal itu bertujuan sebagai wadah para kolektor agar dapat membeli NFT dari karya yang merupakan koleksi foto Associated Press.

Dwayne Desaulniers, direktur AP untuk blockchain dan lisensi data, mengatakan aset digital ini dapat ditawarkan kepada audiens kolektor NFT fotografi global dengan teknologi Xooa

“Selama 175 tahun, fotografer AP telah merekam cerita terbesar di dunia melalui gambar-gambar mencekam dan pedih yang terus bergema hingga hari ini,” kata Desaulniers, dikutip The Verge.

Dengan menggunakan teknologi NFT, pembeli akan mendapatkan akses ke kumpulan informasi tentang kapan dan di mana foto itu diambil, serta pengaturan teknis dan peralatan yang digunakan.

AP mengatakan foto-foto dalam gelombang pertama yang dijual akan mencakup ruang angkasa, iklim, perang, dan lainnya yang akan dicetak di blockchain Polygon.

Harga setiap karya digital akan bervariasi. Pasar tersebut juga akan memberi kesempatan untuk berdagang atau menjual foto yang sudah dibeli melalui kartu kredit serta dompet kripto. Kemudian karya foto juga akan terhubung dengan platform Fortmatic, Binance, dan Coinbase.

Pada Oktober 2021, mereka menandatangani kesepakatan dengan Chainlink yang akan memungkinkan data AP dipasok dan dijual ke aplikasi yang berjalan di berbagai blockchain.

AP bukan perusahaan jurnalisme pertama yang menggunakan teknologi NFT. The New York Times dan CNN juga sudah masuk dalam ranah penjualan karya di NFT.

Dikutip ZD Net, dana dari penjualan NFT akan kembali untuk mendanai jurnalisme AP. Associated Press adalah koperasi berita nirlaba berusia 175 tahun yang berbasis di New York City.

Apabila berencana membuat event dapat menghubungi Citra Mandiri Kreatif yang telah memiliki pengalaman mengadakan berbagai event-event besar di seluruh Indonesia. Ciptakan momen menarik di awal tahun 2022 sembari mempersiapkan tim hebat untuk kemajuan Perusahaan.

Baca juga artikel https://www.citra-mandiri-kreatif.com/virtual-expo-solusi-event-di-masa-pandemi-2021/ serta kunjungi laman www.citra-mandiri-kreatif.com/virtual-event Tetap sehat dan semangat untuk para pelaku event dan tim kreatif, semoga pandemi segera berakhir dan semua kembali normal. 

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top