Augmented Reality (AR) menjadi salah satu teknologi yang terus dikembangkan diberbagai Negara, termasuk Indonesia. Augmented Reality (AR) sudah merambah ke bidang retail, terutama secara taktikal marketing. Menjadi fasilitator penunjang bisnis dibeberapa Perusahaan. Augmented Reality (AR) mulai dilirik sebagai salah satu penunjang peroforma bisnis di beberapa perusahaan. Ada beberapa benefit yang diperoleh saat menggunakan Augmented Reality pada berbagai sektor, terutama :
- Menghadirkan tampilan yang lebih nyata dan interaktif. Presentasi produk lebih menawan dengan tampilan virtual yg menarik serta up to date. Konten yang interaktif juga menjadikan para pelanggan lebih nyaman dalam melihat-lihat produk.
- Meningkatkan brand awareness. Teknologi Augmented Reality yang makin naik daun membuat banyaknya konten Augmented Reality yang tersebar di sosial media. Permudah usaha anda untuk menggaet klien baru dengan teknologi ini!
- Meningkatkan engagement para klien. Hal yang juga pastinya dicari adalah kesetiaan pelanggan terhadap produk yang dipasarkan.
- Menyesuaikan kebutuhan para klien. Konten Augmented Reality dapat membantu mem-visualisasikan dan menyampaikan informasi dengan secara detil dan interaktif.
Ada banyak brand yang mulai berkolaborasi dengan teknologi Augmented Reality . Salah satunya seperti pada jam tangan Rolex, yang menyediakan layar Augmented Reality agar pelanggan dapat menilai kecocokan jam ditangan mereka sebelum mereka fix membeli, tanpa repot mencoba jam tersebut secara langsung.
Dibidang Properti juga dapat diterapkan, tujuannya supaya para konsumen merasakan visualisasi yang tampak nyata dan disuguhkan kemudahan dalam menentukan jenis serta sudut peletakan furnitur yang tepat. Membantu konsumen mem-planning peletakan furniture yang mereka akan beli.
Dalam Kacamata Bisnis, Augmented Reality menjadi salah satu cara yang optimal dalam branding sebuah produk. Pemanfaatan teknologi tersebut diimbangi dengan optimalisasi media sosial & market place. Menambah keyakinan para konsumen terhadap suatu produk, semakin hari teknologi terus mengalami peningkatan. Semua peningkatan bertujuan semakin memudahkan banyak pihak, terutama pihak perusahaan dalam optimalisasi branding.