Pentingnya Merawat Baterai Mobil Listrik Dimasa Pandemi

Smartpower Media - Baterai mobil listrik dimasa pendemi

Pasti kondisi saat ini sangat berbeda dengan kendaraan bermesin bakar yang tidak membutuhkan perhatian lebih saat dibiarkan parkir dalam waktu lama. Baterai kendaraan bertenaga listrik atau hybrid ternyata sangat kompleks perawatannya. Terutama dimasa pandemi ini, dimana segara pergerakan lebih terbatas, jadi sangat penting untuk merawat baterai mobil listrik secara benar.

Seperti diketahui pada saat pandemi, banyak orang tidak bisa bepergian keluar rumah dengan leluasa seperti biasanya. Hal ini membuat kendaraan lebih banyak parkir di garasi rumah. Kondisi ini bisa menimbulkan masalah khususnya pada mobil pribadi. Semakin jarang digunakan, resiko kerusakan menjadi lebih besar. 

Apabila kita memarkirkan mobil lebih dari 30 menit, tanpa digunakan sama sekali sebaiknya dilakukan pencabutan baterai hal ini untuk mencegah penipisan dan potensi kerusakan pada baterai yang menjalankan sistem internal seperti pemanasan, tanpa perlu pemeliharaan bulanan.

Untuk baterai kendaraan listrik yang menggunakan voltase tinggi, tidak membutuhkan lebih dari 10 persen dari kapasitas penuh, jika ditinggal hingga enam bulan lamanya. Namun untuk kendaraan dengan baterai 12 volt, akan habis lebih cepat jika dalam waktu yang sama.

Perlu di tegaskan bahwa setidaknya mobil listrik harus di-charge lagi selama 8 jam, jika telah melebihi 30 hari tidak digunakan. Lain hal  apabila Anda berencana untuk tidak menggunakan mobil lebih lama lagi, cabut terminal negatif dari baterai 12 volt kendaraan.

Mobil listrik memang sangat mengandalkan baterai, maka perawatan baterai mutlak mendapat perhatian lebih jika tidak ingin menyesal di kemudian hari. Untuk melakukan perawatan di atas, ada baiknya membaca buku manual dari kendaraan supaya tidak melakukan kekeliruan saat proses perawatannya. 

Teknologi diciptakan untuk memudahkan, namun kita harus mencari tahu cara merawat yang benar. Tetap sehat dan jaga jarak, jangan lupa pakai masker saat keluar rumah atau bepergian. Untuk mendapatkan artikel lainnya silahkan klik disini.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top